Sukses adalah proses

Posted on Februari 28, 2011. Filed under: artikel |

Oleh wahyu nurudin

Sukses adalah proses. Bukan hanya cara melampauinya, tetapi juga cara menjalankannya setelah mencapai sukses. Hal ini menimbulkan dua tafsiran tentang pra sukses ke pasca sukses. Kita akan bahas satu per satu.

Proses Mencapai Sukses

Tidak ada orang yang dilahirkan langsung sukses. Tidak ada yang berbakat. Tidak yang lahir membawa kelebihan. Semua bermula pada keadaan yang sama.

Lalu pendidikan. Pertama dunia, kedua pengetahuan berwujud sekolah. Emosional dengan pergaulan, spiritual dengan ibadah. Setelah sekolah dibentuklah pandangan kehidupan.

Kesuksesan pertama dimulai dari visi, impian, rencana jangka waktu. Gambaran keinginan-keinginan pribadi dan kehidupan seperti apa yang dijalani. Ketika orang bisa melihat kenyataan dan bertanya-tanya “Kok bisa ?” Orang sukses melihat impian yang belum ada berkata “Kenapa tidak?”

Selanjutnya adalah langkah mewujudkan. Pertama afirmasi, investasi, pikiran, motivasi, belajar.

Kita cari cara paling tepat, efektif dan efisien untuk mencapainya sukses dalam hidup punya gambaran umum orang-orang, mobil, rumah, perusahaan, istri, kebanggaan, teman-teman. Dengan itu cara umum adalah bisnis.

Setelah investasi pikiran kemudian uang, jiwa, pikiran, dan lain-lain. Perlu komitmen, konsisten, dan ketekunan untuk mewujudkannya.

Kadang ketika mulai terasa takut karena serasa bersaing dengan seluruh dunia. Tenang, tidak perlu takut. Tidak perlu membawa semua itu. Hanya perlu sedikit demi sedikit. Perjalanan 1.000 mil di mulai dari 1 langkah :

Dari sini kita menerapkan fungsi-fungsi managemen
Planning, perencanaan impian, rencana jangka panjang, menengah, pendek hingga jadwal harian. Termasuk juga rencana cadangan.
Organizing susun semua perangkat yang diperlukan. Ada barang-barang dan orang. Di awal mungkin kita sendiri. Tapi nanti kita akan punya rekan kerja membentuk tim.
Lakukan keseluruhan siap mental.
Evaluasi, kendalikan. Setiap hasil dicatat dan dibandingkan dengan sebelumnya agar perkembangannya dicatat.

Ketika di awal kita tidak tahu bagaimana dan apa itu sukses. Tapi seiringg perjalanan kita akan tahu, berkembang dan menemukan jalan-jalan untuk mempercepat, mengangkat kita ke sana.

Kadang kala kita jatuh dan gagal. Hasil tidak sesuai renacana. Itiu bukan waktunya berhenti atau memvonis diri, tapi perlu ada pengetahuan yang baru. Kegagalan berarti ada pelajaran yang baru. Segera pelajari dan lanjutkan. Seorang pemenang bukanlah seorang yang tak pernah jatuh. Tapi seorang yang selalu bangkit ketika jatuh. Bukan karena tak punya perasaan. Tapi ia fokus pada impian. Ia tahu di dalam perjalanan dan tak akan gagal jika ia terus berjalan. Banyak orang tak menyadari ini. Karena itu kesuksesan begitu istemewa.

Kegagalan demi kegagalan berlangsung terus. Tapi terdapat peningkatan 99%. Kerja keras akan ditolak. Thomas Edison terkena ledakan lampunya 2.000 kali, Kolonel Sander ditolak 1.000 kali. Dari situ mereka terus belajar dan berjuang.

Dari proses panjang ini proses mengajari tak hanya kesuksesan yang begitu mahgal, tinggi, langka dan berharga. Tapi juga mengajari bagaimana manjaga dan merawat dan memperbaiki kerusakan, bahkan mengembangkan kesuksesan.

Sukses Adalah Proses Pencapaian

Setelah sukses pertama dicapai oleh karena itu perlu impian yang jelas-fokus. Harus disyukuri dan dihargai setelah menikmati kesuksesan beberapa waktu, segera kembali bekerja.

Sebagaimana dalam perjalanan ada step-step seperti goal jangka pendek, menengah, jangka panjang seperti impian pertama, perlu dibuat impian kedua yang lebih tinggi, lebih menantang dan lebih berat.

Setelah impian kedua dicapai, dibuat yang ketiga, keempat dan seterusnya. Proses ini tidak berhenti seumur hidup sehingga kesuksesan tidak berakhir, tapi bertahan dan terus berkembang.

Kanapa hal ini harus dilakukan. Karena, pertama : sukses memiliki biaya. Jika sukses tidak dipertahankan, biaya akan menelan pemenang sehingga ia jatuh lagi, sia-sialah selama ini.

Kedua : perlu kreativitas dan inovasi untuk mengatur agar pasar tetap besar dan tidak bosan oleh karena itu perlu pemberian terus menerus.

Sukses adalah pembelajaran seumur hidup.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: